Selasa, 15 Oktober 2019

Cara Mengganti Vanbelt Nissan Grandlivina

Vanbelt sangat penting penggunaannya yaitu berfungsi menghubungkan pulley mesin dengan komponen lainnya yaitu alternator( dinamo pengisian), pulley penyetelan dan pulley kompressor.

Langsunga saja bro kita ke TKP (hhhhh lo kira komedi sebelah). Ada dua tipe kontruksi pemasangan vanbelt yaitu tipe 1,5 dengan setelan manual dan tipe 1,8 dengan setelan auto.

Cara Mengganti Vanbelt Nissan Grandlivina

Untuk manual ada dua cara yaitu bisa dari atas atau dari bawah, namun untuk pemula alangkah baiknya dari bawah. Jadi yang kita bahas cara dari bawah saja bro, yang pertama dongkrak mobil agar bisa leluasa, dan selanjutnya lepas terlebih dahulu dek atau cover bawah dengan melepas clip 4 buah dengan mencongkel dengan obeng (-) dan baut 4 buah dengan kunci 10mm.

Setelah dek terlepas, maka konstruksi vanbelt terlihat dan saatmya eksekusi gaes hhahhh. Lihat gambar (tapi nyusul gambarnya ekwkwk). Kendorkan mur pengunci dengan kunci 13mm yang ditunjukkan pada gambar. Selanjutnya kendorkan baut setelan dengan kunci 13 mm juga sampai vanbelt kendor dan bisa dilepas dari pulley. Tatat van belt dah terlepas dan selanjutnya ganti dengan yang baru.

Selanjutnya tipe vanbelt 1,8 , pertama sama seperti diatas yang membedakan hanya penyetelan. Jika 1,8 cukup dengan kunci 14 mm dan dorong baut pulley ke belakang samapai melewati lubang pin seperti pada gambar dan masukkan pin pada lubang penyetel.

Jika sudah maka vanbelt bisa dilepas tatatta selesei sudah, dan lakukan pemasangan vanbelt. Setelah terpasang pastikan vanbelt terpasang dengan sempurna tidak ada yang mlejit. Selanjutnya dorong penyetel kebelakang dan cabut pin dan kelar dah hhehehhe.

Terimakasih semoga bermanfaat.